May 5, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Mahasiswa S2 IAT UIN Walisongo, Nurul Uzdhma Tastia, didapuk oleh Prof. Ednan Aslan sebagai Asisten Peneliti di University of Vienna Austria

S2 IAT UIN Walisongo Semarang. Mahasiswa semester III Magister Ilmu al-Quran dan Tafsir (S2 IAT) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang, Nurul Uzdhma Tastia setelah melalui test penjaringan asisten peneliti yang diikuti oleh beberapa kompetitor, akhirnya dinyatakan lolos dan ditetapkan sebagai asisten peneliti untuk Prof. Ednan Aslan yang berada di University of Vienna Austria. Capaian ini disambut baik dan diapresisi oleh civitas akademika Fakultas Ushuluddin dan Humnaiora UIN Walisongo Semarang, khususnya program Magister Ilmu al-Quran dan Tafsir.

Selain Uzdhma, ada dua orang dosen muda yang juga dipilih untuk mendampingi Prof. Ednan Aslan, yakni Luthfi Rahman (Dosen Agama dan Teori Sosial), Moch Maola Nasty Gensehawa (Dosen Antropologi), yang keduanya adalah dosen Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walsiongo Semarang. Ketiganya bertolak dari Semarang pada awal Oktober dan mereka akan menetap di Wina Austria selama kurang lebih 4 bulan, dari Awal Oktober 2022 hingga akhir Januari 2023 mendatang untuk ngaji tentang empirical studies dan juga riset mengenai multikulturalisme dalam konteks Eropa, khususnya di Wina Austria.

Untuk meningkatkan kemampuan risetnya, ketiga asisten peneliti ini diundang secara langsung oleh Prof. Ednan Aslan untuk berkunjung ke University of Vienna Austria dan dibekali secara metodologis tentang riset humaniora selama 3 bulan. Kunjungan ketiga asisten peneliti ini didampingi secara langsung oleh Rektor UIN Walisongo Semarango, Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag., yang sekaligus sebagai Guru Besar Ilmu Tafsir.

Program short course yang diikuti oleh tiga delegasi UIN Walisongo ini merupakan kesinambungan dari program penelitian empiris mengenai Pendidikan Agama Islam dan Multikulturalisme yang telah berlangsung sejak bulan April 2022 di Semarang. Pada April hingga Juni 2022, Ednan Aslan – yang merupakan Professor di Departemen Islamic Theological Studies Universitas Vienna – menjadi dosen tamu sekaligus melakukan riset dan kunjungan ke sejumlah Sekolah Menengah Negeri (SMA maupun SMP) di Jawa Tengah dan Khususnya Semarang untuk mengetahui tentang efek pendidikan agama, serta kaitannya dengan kehidupan keberagamaam dan pemahaman serta sikap multicultural para siswa.