November 21, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Basmalah sebagai Bagian dari Ayat al-Quran

Ada konsensus di antara seluruh umat Islam tentang fakta bahwa Bismillah al-Rahman al-Rahim (بِسْمِ اللَّـهِ الرَّ‌حْمَـٰنِ الرَّ‌حِيمِ) adalah ayat Al-Qur’an, menjadi bagian dari Surah al-Naml سور ة النمل (Semut); dan ada pula kesepakatan bahwa ayat ini ditulis di awal setiap surah kecuali surah al-Taubah سورة التوبہ . Namun terdapat perbedaan pendapat di kalangan Mujtahid مجتہدین (ulama shahih yang berhak mengeluarkan pendapat dalam hal tersebut) mengenai apakah ayat ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Surat al-Fatihah atau seluruh Surat atau tidak. Menurut Imam Besar Abu Hanifah (رح) ، itu bukan merupakan bagian integral dari Surah mana pun kecuali al-Naml,

Keutamaan Bismillah بسمِ اللہ

Sudah menjadi kebiasaan di Zaman Jahiliah (Jahiliyyah جاہلیہ ) sebelum masuknya Islam bahwa orang-orang memulai segala sesuatu yang mereka lakukan dengan nama berhala atau dewa mereka. Untuk memberantas praktik ini, ayat pertama Al-Qur’an yang diturunkan Malaikat Jibra’il (علیہ السلام) kepada Nabi Suci ﷺ memerintahkannya untuk memulai Al-Qur’an dengan nama Allah اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ ” Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu.”

Komentator terkenal al-Suyuti mengatakan bahwa selain Al-Qur’an, semua kitab suci lainnya juga dimulai dengan Bismillah. Ulama tertentu lainnya berpendapat bahwa Bismillah al-Rahman al-Rahim بِسْمِ اللَّـهِ الرَّ‌حْمَـٰنِ الرَّ‌حِيمِ khusus untuk Al-Qur’an dan para pengikut Muhammad ﷺ . Kedua pandangan tersebut dapat disepakati satu sama lain jika kita mengatakan bahwa semua buku ilahi berbagi sifat umum dimulai dengan nama Allah, tetapi kata-kata Bismillah al-Rahman al-Rahim بِسْمِ اللanji الرَّ‌حْنِ الر] الم ِ الرِ الرر Al-Qur’an, sebagaimana terlihat dari hadis-hadis tertentu yang meriwayatkan bahwa untuk memulai dengan nama Allah apa pun yang dilakukannya, Nabi Suci ﷺ biasa mengucapkan kata-kata بِسْمِک اللَّـهِم (Bismika Allahumma), namun ketika diturunkannya ayat Bismillah Al-Rahman Al-Rahim بِسْمِ اللَّـهِ الرَّ‌حْمَـٰنِ الرَّ‌حِيمِ, maka beliau pun mengadopsi kata-kata tersebut. Sejak saat itu praktik ini dilakukan melalui perintah lisan Nabi Suci ﷺ atau melalui tindakannya atau persetujuan diam-diam). (Lihat Qurtubi dan Ruh al-Ma`ani)

Al-Qur’an berulang kali memerintahkan kita untuk memulai apa yang kita lakukan dengan nama Allah. Rasulullah ﷺ telah mengatakan hal itu

tidak ada pekerjaan penting yang mendapat rahmat Allah, kecuali jika dimulai

dengan nama-Nya. Menurut hadis lain, menutup pintu rumah, mematikan lampu, menutup bejana, semuanya harus dilakukan dengan membaca Bismillah. Al-Qur’an dan hadis berulang kali memerintahkan kita untuk membaca ayat ini sambil makan, minum air, berwudhu, naik kereta atau turun darinya. (Lihat Qurtubi)

Dengan memerintahkan manusia untuk memulai segala sesuatu dengan nama Allah, Islam telah memberikan seluruh hidupnya orientasi kepada Allah sehingga, dengan setiap langkah yang diambilnya, ia dapat memperbaharui kesetiaannya pada perjanjian dengan Allah bahwa tidak ada yang ia lakukan, kecuali Allah. bahkan keberadaannya pun dapat terwujud tanpa kehendak dan pertolongan Allah. Dengan demikian, seluruh aktivitas ekonomi dan duniawi manusia, setiap gerakan dan gerak tubuh ditransformasikan menjadi ibadah.1 Betapa singkatnya suatu perbuatan, yang tidak menyita waktu maupun tenaga, namun betapa besar manfaatnya — itulah yang biasa dilakukan. alkimia, mengubah yang profan (dunya دنیا) menjadi suci (din دین); seorang kafir makan dan minum sebagaimana yang dilakukan seorang muslim, tetapi dengan mengucapkan ‘Bismillah’ بِسْمِ اللَّـهِ ketika dia mulai makan, Sang Muslim menegaskan bahwa ia tidak mampu memperoleh sepotong kecil makanan ini, yang telah melalui tahap-tahap yang tak terhitung jumlahnya mulai dari menabur benih hingga menuai biji jagung, dan yang selama proses ini memerlukan kerja keras angin, hujan, matahari, langit dan bumi, dan seribu manusia, dan hanya Allah sajalah yang menganugerahkan kepadanya sesuap makanan atau seteguk air ini dengan melewati semua tahapan tersebut. Orang kafir akan tidur, bangun dan beraktivitas seperti halnya orang Islam. Namun ketika akan tidur atau bangun, seorang muslim menyebut nama Allah, memperbaharui hubungannya dengan-Nya. Dengan demikian kebutuhan dan aktivitas ekonomi dan duniawinya bersifat mengingat Allah, dan dihitung sebagai ibadah. Demikian pula, Dengan mengucapkan ‘Bismillah’ بِسْمِ اللَّـهِ sambil menaiki sebuah kereta, maka seorang muslim bersaksi bahwa diluar kemampuan manusia untuk memproduksi dan menyediakan kereta tersebut, dan bahwa itu hanya maksum dan ciptaan Tuhan. tatanan benda-benda yang telah menyatukan kayu, baja, dan logam lain dari seluruh penjuru dunia yang digunakan dalam pembuatan gerbong, serta mekanik yang telah memberikan bentuk khusus pada komponen-komponen ini, dan pengemudinya. — dan akhirnya memberikan semua ini untuk melayani manusia yang dapat memanfaatkan kerja pasukan makhluk manusia yang dapat Tuhan (اللہ)dengan mengeluarkan beberapa koin. Dan meskipun koin-koin ini tidak diciptakan olehnya, Allah sendirilah yang telah menyediakan cara dan sarana yang rumit untuk mendapatkannya. Memang benar, ‘Bismillah’ بِسْمِ اللَّـهِ adalah batu bertuah legendaris yang mengubah, bukan tembaga, tetapi hanya debu menjadi emas paling murni. فاللہ الحمد علٰی دِین الاسلام و تعلیماتہ ماکهن :’Maka, pujilah Allah atas agama Islam dan ajarannya.’

1. Inilah satu-satunya cara agar kehidupan manusia, menggunakan kata yang disukai dalam antropologi budaya modern, dapat disakralkan dalam arti apa pun — Penerjemah

Berkuasa

‘Sebelum mulai membaca Al-Qur’an disunnahkan terlebih dahulu mengucapkan: اعوذ باللہ من الشیطان الرجیم (Saya berlindung kepada Allah dari setan — yang terkutuk)

lalu بِسْمِ اللَّـهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ (saya awali dengan nama Allah, yang

Maha Penyayang, Maha Penyayang). Dan pada saat tilawah تلاوت (membaca Al-Qur’an) juga, mengucapkan AI ‘Bismillah بِسْمِ اللَّـهِ… di awal setiap Surah, kecuali Surah Al-Bara’ah (al-Taubah), adalah Sunnah .

Komentar

‘Bismillah’: Frasa ini terdiri dari tiga kata — huruf ‘Ba’, ‘Ism’ dan ‘Allah’. Kata depan ‘Ba’ mempunyai beberapa konotasi dalam bahasa Arab, tiga di antaranya sesuai dengan keadaan. Ketiganya dapat diterapkan di sini: (1) Contiguity, atau kedekatan antara satu hal dengan hal lainnya; (2) Mencari bantuan seseorang atau sesuatu; (3) Untuk mencari berkah dari seseorang.

Kata ‘Isme’ mempunyai banyak nuansa makna leksikal dan intelektual, yang pengetahuannya mungkin tidak penting bagi pembaca pada umumnya. Cukup mengetahui bahwa kata ini diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai ‘Nama’.

Kata ‘Allah’ adalah nama Tuhan yang terbesar dan terlengkap. Menurut sebagian ulama, itu adalah ‘Nama Besar’, atau ‘Al-Ism al-A`zam’ الاسم اعظم . (Menurut Tradisi (Hadits), Nama Besar membawa serta berkah sehingga doa terkabul ketika kata ini diucapkan. Ada perbedaan pendapat mengenai apa Nama Besar ini). Kata ‘Allah’ mengacu pada Dzat, dan karenanya nama ini tidak dapat diberikan kepada siapa pun kecuali Allah. Itulah sebabnya kata ini tidak mempunyai bentuk jamak dan ganda, karena Allah itu Esa dan tidak ada sekutu. Singkatnya, Allah adalah nama Realitas Tertinggi yang mencakup semua sifat kesempurnaan, yang merupakan pencipta dan pemelihara, unik dan tak tertandingi.

Dengan demikian, frasa ‘Bismillah’ mempunyai tiga makna masing-masing sesuai dengan tiga konotasi dari kata depan ‘Ba’ ب :

a) Dengan menyebut nama Allah اللہ

b) Dengan bantuan nama Allah اللہ

c) Dengan barakah atau sholawat dari nama Allah اللہ .

Namun, dalam ketiga bentuk tersebut, frasa tersebut jelas tidak lengkap kecuali jika seseorang menyebutkan pekerjaan yang ingin dimulainya dengan nama Allah atau dengan bantuan atau berkahnya. Jadi, berdasarkan aturan tata bahasa, beberapa kata kerja yang dipahami di sini harus sesuai dengan keadaannya — misalnya, ‘Saya memulai atau membaca dengan nama Allah.’ Kepatutan menuntut agar kata kerja ini dipahami muncul setelah frasa, sehingga seseorang benar-benar dimulai dengan nama Allah dan kata kerja tersebut tidak mendahului nama-Nya. Akan tetapi, preposisi ‘Ba’ harus ditempatkan sebelum nama Allah, karena ini merupakan urgensi dari bahasa Arab.

Aksara Arab biasa mengharuskan huruf ‘Ba’ di sini digabungkan dengan huruf ‘Alif’, sehingga menghasilkan bentuk ini بِسْمِ اللّہٰ. Namun naskah `Utsmani telah menghilangkan Alifnya, dan menggabungkan huruf ‘Ba’ dengan huruf ‘Sin’ س ، sehingga membuat ‘Ba’ tersebut terlihat seperti bagian dari kata ‘Ism’ اسم ، sehingga dibuatlah permulaan, pada efeknya, dengan menyebut nama Allah. Itulah sebabnya huruf Alif tidak dihilangkan pada kombinasi lain antara preposisi ‘Ba’ dan kata benda ‘Ism’ — misalnya, pada ayat اقْرَ‌أْ بِاسْمِ رَ‌بِّكَ (Igra’ biismi Rabbik), huruf ‘Alif ditulis bersama dengan ‘Ba’. Yang menjadi keistimewaan ‘Bismillah’ saja adalah huruf ‘Ba’ digabung dengan huruf ‘Sin’. Maha Penyayang) — keduanya adalah sifat-sifat Allah SWT. Rahman رحمان’ menandakan yang rahmatnya bersifat umum bagi semua, dan meluas ke seluruh alam semesta, ke segala sesuatu yang akan diciptakan di masa depan. Di sisi lain, ‘Rahim رحیم ‘ menandakan orang yang rahmatnya sempurna dalam segala hal. Itulah sebabnya ‘Rahman رحمان’ adalah sifat eksklusif Allah dan kata tersebut digunakan hanya ketika seseorang mengacu pada-Nya. Tidak diperbolehkan menyebut makhluk apa pun sebagai ‘Rahman’, karena tidak mungkin ada makhluk lain selain Allah yang rahmatnya meliputi segalanya dan mencakup segalanya. Sama seperti kata ‘Allah’, tidak ada kata ganda atau jamak untuk kata ‘Rahman’ juga, karena kata-kata ini dalam maknanya eksklusif untuk Yang Maha Esa dan Yang Mutlak yang tidak mengizinkan keberadaan yang kedua atau yang ketiga. (Tafsir al-Qurtubi) Makna kata ‘Rahim’, sebaliknya, tidak mengandung apa pun yang tidak mungkin ditemukan pada makhluk ciptaan, karena manusia bisa saja berbelas kasihan dalam hubungannya dengan manusia lain. Jadi, kata Rahim’ dapat dibenarkan digunakan dalam kasus manusia — sebagaimana Al-Qur’an sendiri telah menggunakan kata tersebut ketika berbicara tentang Nabi Muhammad ﷺ yaitu: (Dia lemah lembut dan sangat penyayang terhadap umat Islam) .

Putusan: Hal ini dengan mudah menunjukkan bahwa orang-orang yang menyingkat nama seperti `Abd al-Rahman atau Fadl al-Rahman menjadi ‘Rahman’ adalah melakukan apa yang tidak diperbolehkan dan dengan demikian melakukan dosa.

Dari ‘Nama-Nama Indah’ ​​الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ : Al-Asma’ al-Husna) Allah SWT dan sifat-sifat kesempurnaan-Nya, hanya dua yang disebutkan dalam ayat ini – yaitu, ‘al-Rahman’ الرحمٰن dan ‘al-Rahim’ الحیم۔, dan keduanya berasal dari akar kata ‘Rahmah’ رحمت (rahmat), yang menunjukkan kemahakuasaan dan kesempurnaan rahmat ilahi. Hal ini menunjukkan bahwa penciptaan langit dan bumi serta rezeki seluruh alam semesta tidak mempunyai motivasi lain selain mewujudkan sifat rahmat Allah. Dia sendiri tidak membutuhkan hal-hal ini, dan tidak ada seorang pun yang dapat memaksa Dia untuk menciptakannya. Kasih karunia-Nya sendirilah yang menuntut penciptaan dan pemeliharaan seluruh tatanan alam semesta.

Betapa tepat hal ini diungkapkan dalam bahasa Persia oleh penyair Rumi:

Pelanggan dan Pelanggan

Bagaimana Cara Mengatasinya

Tidak ada apa pun — baik keberadaan kita maupun klaim kita; Kasih karunia-Mulah yang mendengarkan kami yang tak terucapkan.

Perintah dan pertimbangan terkait

Al-Qur’an mengatakan: فَإِذَا قَرَ‌أْتَ الْقُرْ‌آنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّـهِ مِنَ الشَّيْ طَانِ الرَّ‌جِيمِ ﴿النحل : 98﴾ :’Jika kamu membaca Al-Qur’an, carilah perlindungan kepada Allah dari setan, orang-orang yang terkucil’.

Menurut kesepakatan umat, disunnahkan mengucapkan ta’awwudh: اعوذ باللہ من الشیطان الرجیم ‘ sebelum pembacaan Al-Qur’an baik dalam Shalat maupun di luar Saldh (Syarah al-munyah). Mengucapkan ta’awwudh تَعَوُّذ merupakan ciri khas dari bacaan Al-Qur’an. Oleh karena itu, kecuali tilawah, semua tugas lainnya hendaknya dilakukan dengan terlebih dahulu mengucapkan ‘Bismillah’ saja. Mengucapkan ta’awwudh bukanlah sunnah disana. (`Alamgiri, Bab 4 – Al-Karahiyah)

Seseorang harus memulai pembacaan Al-Qur’an dengan membaca اعوذ باللہ من الشیطان الرجیم (Saya memohon perlindungan Allah) dan, بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِي ْمِ (Bismillahi: Saya awali dengan menyebut nama Allah). Selama pembacaan, seseorang harus mengulangi ‘Bismillah’, tetapi tidak ‘A` udhubillah’, ketika seseorang sampai pada akhir sebuah Surah (atau Bab) dan memulai Surah berikutnya – dengan pengecualian pada Surah ‘Al-Bara ‘ah’ (البرآة). Jika seseorang menemukan Surat khusus ini saat membaca, ia tidak boleh mengucapkan ‘Bismillah’ sebelum membacanya. Tetapi jika seseorang memulai pembacaan Al-Qur’an dengan Surat ini, ia harus membaca A`udhubillah’ dan ‘Bismillah’ keduanya (Alamgiriah dari Al-Muhit).

‘Bismillah al-Rahman al-Rahim’ adalah sebuah ayat Al-Qur’an dan bagian dari ayat dalam Surah ‘al-Naml’; itu juga merupakan ayat biasa ketika muncul di antara dua Surat. Oleh karena itu, ia harus diperlakukan dengan hormat seperti halnya Al-Qur’an itu sendiri, dan tidak boleh menyentuhnya tanpa melakukan wudhu وضو (wudhu). Dalam keadaan najis besar (misalnya setelah keluar mani, atau saat haid, atau setelah melahirkan), bahkan tidak diperbolehkan membaca ayat ini sebagai bacaan Al-Qur’an sebelum mandi ritual. . Namun, seseorang dapat membacanya sebagai bentuk doa sebelum memulai suatu pekerjaan, seperti makan atau minum dalam kondisi apa pun.

Peraturan:

(1) Disunnahkan membaca ‘Bismillah’ setelah ‘A` udhu-billah اعوذ باللہ ‘ di awal raka’ah pertama shalat. Namun ada perbedaan pendapat mengenai apakah sebaiknya dibacakan dengan suara keras atau pelan. Imam Abu Hanifah (رح) dan Imam tertentu lainnya lebih suka dilakukan dengan suara pelan. Ada konsensus bahwa ‘Bismillah’ harus dibacakan pada awal raka’ah berikutnya juga. Hal ini secara aklamasi dianggap sebagai Sunnah; Namun, dalam beberapa riwayat, pembacaan ‘Bismillah’ di awal setiap raka’ah dianggap wajib atau perlu.

(2) Saat melakukan salat, apakah seseorang membaca Al-Qur’an dengan suara keras atau dalam hati, ia tidak boleh membaca ‘Bismillah’ sebelum memulai Su-rah tepat setelah Surah ‘Fatihah’. Praktek seperti ini belum pernah diriwayatkan baik dari Rasulullah ﷺ maupun dari empat Khulafa’ pertama. Menurut Syarh al-munyah, inilah pandangan Imam Abu Hanifah dan Imam Abu Yusuf رحمہم اللہ ، dan Shrah al-munyah, al-Durr al-Mukhtar, al-Burhan dll. Namun Imam Muhammad (رح) menganggap lebih baik seseorang membaca Bismillah jika seseorang membaca Al-Qur’an dalam salat yang dilakukan dalam hati. Laporan-laporan tertentu menghubungkan pandangan ini bahkan dengan Imam Abu Hanifah (رح) ، dan al-Shami (رح) telah mengutip beberapa ahli hukum Islam untuk mendukung pandangan ini, –yang telah diadopsi bahkan dalam ‘Bahishti Zewar’ karya Maulana Thanavi (رح). Bagaimanapun juga, terdapat kesepakatan penuh di antara para ulama bahwa tidak makruh atau tercela bagi seseorang untuk membaca ‘Bismillah’ dalam situasi ini.