April 28, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag., Rektor UIN Walisongo Jalin Kerjasama dengan Kepala Halal Centre Austria (IIDC)

Pada hari Ahad, 11 Desember 2022 Rektor UIN Walisongo dan rombongan tiba di Bandara Vienna Austria sekitar pukul 12.25. Kedatangan beliau disambut suka cita oleh Kepala IIDC (Islamic Information Documentation and Certification GmbH) beserta timnya, kemudian dilanjut dengan pertemuan di atas meja makan siang di sebuah restoran turki, Diyar Restaurant “Etli Ekmek & Grill Café” di jalan Thaliastrase 9, 1160 Vienna. Pertemuan antara Prof. Dr. Imam Taufiq, M.Ag. dengan Ahmed Gunther Rusznak berlangsung begitu hangat dengan nuansa kekeluargaan. Pertemuan kali itu diiringi pula sekitar 10 orang lainnya, yang terdiri dari: Prof. Ednan Aslan MA (sebagai supervisor asisten riset UIN Walisongo di Vienna University); tiga asisten riset dari UIN Walisongo di Vienna (Luthfi Rahman, MA., Mochammad Maola, MA dan Nurul Uzdhma S.Ag.); rombongan rector (Wakil Rektor II/Dr. Abdul Kholiq M.Ag., Dekan FITK/Dr. Ahmad Ismail M.Ag. M. Hum. dan Kepala International Office Nadiatus Salama M.Si., Ph.D) serta tim IIDC (Sulaiman Alzaher, Ali Bassaine dan Yusuf Sever).

            Islamic Information Documentation and Certification GmbH (IIDC) adalah sebuah lembaga pusat pemeriksaan dan sertifikasi independent yang terakreditasi secara internasional untuk makanan dan layanan halal. IIDC ini memiliki 4 kantor yang tersebar di negara-negara Eropa yakni Hungaria, Jerman, Prancis dan Austria, dengan pusat koordinasi berada di Linz Austria di bawah pipinan Ahmed Gunther Rusznak. Sertifikasi ini ditawarkan diseluruh negara Eropa untuk membantu perusahaan dan atau individu dalam menjalankan bisnis mereka sesuai dengan nilai-nilai Islam, serta membantu konsumen dalam memilih produk dan jasa yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Selain itu, staf-staf yang telah terdedikasi melihat penawaran komoditas dan layanan halal berkualitas tinggi melalui sertifikasi halal IIDC sendiri merupakan suatu nilai credible dari lembaga tersebut. Dengan sertifikasi halal yang diberikan kepada makanan maupun layanan maka akan terbukanya peluang pasar ekonomi di seluruh dunia, meneliti kepastian produksi dan konsumsi produk halal demi menciptakan transparansi di bidang perekonomian dan konsumen muslim.

             Pertemuan di meja makan siang kala itu membuahkan hasil yang baik, yakni adalanya kesepakatan kerja sama perihal kesuburan ekosistem produk halal di kedua negara tersebut. Terlebih Indonesia juga belum tercantum menjadi partner yang terakreditasi di IIDC, sehingga salah satu programnya memiliki harapan untuk mengkoneksikan akreditasi halal dikedua negara. Selain itu, IIDC akan diundang ke Indonesia mengunjungi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Jakarta sekaligus Walisongo Halal Center (WHC) di UIN Walisongo Semarang, sebagai salah satu lembaga pendampingan proses produk halal yang baru saja meraih prestasi sebagai LP3H dengan Pendampingan Proses Produk Halal Teraktif Melakukan Verifikasi Validasi Proses Produk Halal dalam ajang Festival Halal Indonesia 2022. “UIN Walisongo has a Halal Center which recently won an achievement at the Halal Festival and was ranked 3rd as the most active partner in the halal product process in verifying the validation of the halal product process,” penjelasan rector kepada pihak IIDC.