April 27, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Dosen Prodi S2 IAT UIN Walisongo Semarang Berikan Visiting Lecture di UiTM Shah Alam Malaysia dan Universiti Sains Malaysia (USM)

Shah Alam, Malaysia, 30 Juli 2023 – Dalam upaya untuk memperluas jejaring akademik dan berbagi pengetahuan antar institusi, tujuh dosen dari Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang, Indonesia, melaksanakan kegiatan Visiting Lecture di Accounting Research Institute (ARI-HICoE) Universiti Teknologi MARA (UiTM) Shah Alam Malaysia dan Universiti Sains Malaysia (USM) selama lima hari, mulai dari tanggal 26 hingga 30 Juli 2023.

Ketujuh dosen yang mengambil bagian dalam kegiatan ini adalah Suakender, MA. PhD (dosen S2 IAT); Dr. Mohammad Nor Ichwan, M.Ag. (Kaprodi S2 IAT); Dr. Ahmad Tajuddin Arafat, M.Si (Sekprodi S2 IAT); Dr. Zainul Adfar, M.Ag.; Ulin Niam Masruri, MA; Badrul Munir Chair, M.Ag.; dan Tyas Tono Taufiq, M.Ag. Kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama melaksanakan Visiting Lecture di Accounting Research Institute (ARI-HICoE) UiTM Shah Alam Malaysia yang diikuti oleh Sukendar, MA., Ph.D; Dr. Mohammad Nor Ichwan, M.Ag.; dan Ulin Niam Masruri, MA. Sedangkan kelompok kedua melaksanakan visiting lecture di Universiti Sains (USM) Malaysia, yang diikuti oleh Dr. Zainul Advar, M.Ag.; Dr. Ahmad Tajuddin Arafat, M.Si; Badrul Munir Chair, M.Ag.; dan Tyas Tono Taufiq, M.Ag.

Pada kegiatan ini, dosen-dosen dari Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang memberikan pemahaman yang mendalam tentang berbagai aspek disiplin ilmu, seperti Ilmu Al-Quran dan Tafsir, dan topik-topik terkait seperti Riset Digital, Islam, Gender, dan Ke-Indonesiaan, serta Periwayatan Hadis pada Masa Bani Abbasiyah.

Dr. Mohammad Nor Ichwan, M.Ag. memaparkan tentang tema “Ilmu Al-Quran dan Riset Digital,” sementara Sukendar, MA. Ph.D, menyampaikan materi tentang “Islam, Gender, dan Indonesia.” dan Ulin Niam Masruri, MA. memaparkan materi dengan tema “Periwayatan Hadis pada Masa Bani Abbasiyah.” Presentasi yang mendalam ini memperkaya wawasan para peserta dari UiTM Malaysia.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak UiTM Malaysia, yang disampaikan oleh Direktur Accounting Research Institute (ARI-HICoE), Prof. Dr. Jamaliah Said, yang menyatakan apresiasi yang tinggi atas kunjungan dari Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang. Ia juga mengungkapkan harapannya untuk terus mengembangkan kerjasama yang bermanfaat ini di masa mendatang.

Sesi pemaparan materi dilakukan secara panel dan diikuti oleh pengurus inti dari Accounting Research Institute (ARI-HICoE) dan beberapa mahasiswa UiTM Malaysia. Setelah presentasi, dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, yang memungkinkan pertukaran gagasan dan pengalaman antar para pakar dan mahasiswa.

Sebagaimana tradisi, setelah acara selesai, diakhiri dengan foto bersama dan pertukaran cinderamata sebagai kenang-kenangan, dan tanda persahabatan atas kerjasama yang terjalin antara kedua institusi. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan akademik, tetapi juga memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia dalam bidang ilmu Al-Quran dan Tafsir serta penelitian terkaitnya.