May 2, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Menuju Akreditasi Unggul, Prodi S2 IAT UIN Walisongo Benchmarking ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Semarang-S2 IAT. Dalam rangka menghadapi akreditas 9 kriteria, Program Studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir (Prodi S2 IAT) Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang mengadakan benchmarking ke Prodi PIAUD dan Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kedua program studi ini dipilih disamping karena Prodi PIAUD adalah salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan kalijaga yang baru-baru ini telah mendapatkan akreditasi unggul dari LAMDIK, juga mendapatkan akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) dengan hasil the FIBAA Premium Quality Seal. Premium Quality Seal merupakan penghargaan yang diberikan oleh FIBAA kepada program studi atau institusi pendidikan tinggi yang memenuhi kriteria tertentu dalam penyelenggaraan pendidikan dan memenuhi persyaratan mutu yang sangat ketat. Sementara itu, Prodi Magister Ilmu al-Quran dan Tafsir (MIAT) Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUPI) yang memperoleh akreditasi dari BAN-PT dengan predikat baik sekali, karena prodi ini baru berjalan dua tahun dan belum memeiliki lulusan.

Benchmarking ini dilaksanakan pada 14 April 2023 dan diikuti oleh Tim Borang Prodi S2 IAT yang terdiri dari 7 orang yang secara langsung didampingi oleh ketua dan sekretaris program studi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir FUHUM, Dr. Mohammad Nor Ichwan dan Dr. Ahmad Tajuddin Arafat. Kegitan di PIAUD, tim borang Prodi S2 IAT ditemui langsung oleh Ketua Program Studi PIAUD, Prof. Dr. Sigid Purnama, M.Pd. Dalam smbutannya, dia menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kunjungan Tim Borang S2 IAT ke Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suka Yogyakarta. Dia menekankan bahwa dalam menyusun borang akreditasi ada dua instrumen yang perlu dicermati secara serius, baik intrumen LKPS maupun dalam penyusunan LED. Fokus pada poin yang nilainya tinggi dan dapat mendongkrak nilai borang, tandasnya.

Sementara, di Prodi Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir (MIAT) Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Tim borang S2 IAT ditemui secara langsung oleh Wakil Dekan 1 bidang akademik, Dr. Zuhri, M.Ag dan Kaprodi MIAT, Dr. Saifuddin Zuhri. Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 menyambut baik kedatangan tim borang dari Prodi S2 IAT UIN Walisongo Semarang. Dia juga menceritakan terkait usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak Prodi dalam menyusun borang akreditasi yang menurutnya penyusunan borang akreditasi dengan 9 kriteria ini disamping harus menunjukkan data-data kuantitatif juga harus dibuktikan dengan bukti sahih yang berupa tindk lanjut dari semua kegiatan, baik di tingkat UPPS maupun keprodian.

Kegiatan benchmarking ini mendapatkan hasil berupa gambaran umum tentang bagaimana strategi dalam penyusunan borang beserta pengumpulan data yang dapat dipertanggungjawabkan. Diharapkan melalui benchmarking yang telah dilaksanakan memberikan motivasi dan semangat bagi tim borang prodi S2 IAt dalam upaya mengejar peringkat akreditasi perguruan tinggi Unggul.