May 4, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Nurul Ichwan, Wisudawan Terbaik Prodi S2 IAT UIN Walisongo Semarang dengan IPK 3.93

Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang merayakan momen bersejarah dengan menggelar upacara wisuda untuk tingkat Sarjana (S1) ke-88, Magister (S2) ke-55, dan Doktor (S3) ke-31. Upacara yang berlangsung di Auditorium II Kampus III UIN Walisongo Semarang pada Selasa, 23 Mei 2023, dimulai pukul 08.30 hingga selesai.

Tepat pukul 08.30 pagi, suasana haru dan sukacita memenuhi Auditorium II Kampus III UIN Walisongo Semarang. Lebih dari 700 wisudawan/wisudawati dari berbagai Fakultas, termasuk Fakultas Syariah dan Hukum, Fakultas Ushuluddin dan Humaniora, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta Pascasarjana, hadir dalam acara tersebut untuk merayakan pencapaian mereka dalam menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana, magister, dan doktor.

Salah satu momen yang membanggakan adalah wisuda tingkat S2 Ilmu al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora. Sebanyak enam wisudawan berhasil menyelesaikan program studi mereka dan mendapatkan gelar magister. Dari keenam wisudawan Prodi S2 IAT, Nurul Ichwan yang menulis tesis dengan judul: Kata Salat dalam al-Quran Analisis Strukturalisme Ferdinand De Saussure, mendapatkan prestasi sebagai wisudawan terbaik dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3.93. Prestasinya tersebut mendapatkan apresiasi dan tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin yang hadir dalam acara tersebut.

Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag., mengucapkan selamat kepada semua lulusan atas pencapaian mereka yang mengesankan. Dalam pidato inspirasionalnya, beliau berharap agar lulusan dapat menerapkan ilmu yang mereka peroleh untuk meningkatkan kualitas diri, berkontribusi pada masyarakat, dan membawa perubahan positif dalam masyarakat.

“Dengan segala potensi dan pengetahuan yang kalian miliki, saya yakin kalian akan menjadi agen perubahan yang berdampak positif dalam masyarakat. Teruslah berusaha, belajar, dan berkontribusi untuk mewujudkan visi dan misi UIN Walisongo Semarang,” ujar Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag.

Acara wisuda ini menjadi tonggak bersejarah bagi UIN Walisongo Semarang, menandai prestasi akademik yang luar biasa dari para lulusan. Dengan semangat dan pengetahuan yang mereka miliki, diharapkan mereka akan membawa perubahan positif dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan masyarakat dan umat Islam.