April 28, 2024

PROGRAM MAGISTER ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR

Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang

Tingkatkan Produktivitas Literasi, Prodi S2 IAT UIN Walisongo Selenggarakan Training Publikasi Jurnal Internasional

Semarang-S2 IAT. Puluhan Mahasiswa Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Humaniora Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang ikuti pelatihan penulisan jurnal internasional bereputasi pada hari Selasa, 06 Juni 2023. Kegiatan yang berlangsung selama sehari penuh ini, diikuti 32 mahasiswa aktif yang berasal dari berbagai angkatan (mulai dari angkatan 2019 hingga 2022) dan di bimbing oleh Dr. Mohamad Sobrin, S.Th.I, M.Ag. Salah satu dosen UIN SAIZU yang berhasil menerbtkan 12 artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi dan terindeks scopus.

Mohammad Noor Ichwan, selaku Ketua Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) menargetkan peserta diklat ini bisa melakukan submit artikel jurnal, baik yang terindeks Sinta maupun scopus pada akhir tahun 2023. “Tujuan pelatihan ini tentunya untuk membekali para mahasiswa IAT agar terbiasa menulis artikel ilmiah dan dapat disubmit ke jurnal-jurnal yang terindek SINTA maupun jurnal internasional yang terindeks scopus di tahun 2023 ini” tegasnya. Dirinya berharap kegiatan yang sudah ia persiapkan matang sejak bulan Januari 2023 lalu, dapat membuahkan hasil yang maksimal. “Harapannya artikel yang kalian buat hari ini, paling tidak ada 5 artikel yang bisa terbit di jurnal” pungkasnya.

Untuk mewujudkan keinginan Ketua Prodi, Maljaul Abror Abdillah, salah satu peserta training publikasi jurnal, mengaku antusias dan puas mengikuti pelatihan ini dan kegiatan ini adalah yang pertama kali ia ikuti. Sebelumnya, Malja mengaku sudah mempersiapkan diri membuat artikel yang ia tulis bersama Lathifatul Asna dan dosen pembimbing mereka, sejak bulan Desember 2022 silam. Namun pada kegiatan ini, Malja bertekad mengirimkan tulisannya lagi di beberapa Jurnal, baik yang terindek Sinta maupun terindeks scopus. “Artikel yang telah kami tulis bersama teman dan dosen kami, sudah kami lakukan submitting di International Journal of Ihya’ ‘Ulum Al-din (yang kebetulan terindeks Sinta 2) pada 04 Desember 2022 lalu”, akunya. Kendati demikian Malja beserta teman-temannya harus tetap belajar dan berlatih sungguh-sungguh supaya bisa mengirimkan tulisannya di jurnal internasional.

Kegiatan yang dibimbing langsung oleh dosen Pascasarja UIN Saizu, Dr. Sobirin disamping mengenalkan gaya selingkung masing-masing jurnal juga menjelaskan bagaimana cara melakukan sitasi dari sumber-sumber jurnal internasional secara mudah dan cepat. Hal ini penting karena masing-masing jurnal memiliki gaya selingkung sendiri-sendiri dan artikel yang ditulis haruslah bersumber dari berbagai rujukan, khususnya artikel jurnal, baik nasional maupun internasional dalam beberapa tahun terakhir.